Wisata : Air Terjun Seloprojo

Air terjun Seloprojo yang familiar dengan sebutan Air Terjun Sumuran letaknya sekitar 44 km ke arah Tenggara Kota Magelang. Lebih tepatnya masuk daerah Kab. Grabag dengan jalanan yang cukup banyak tanjakan dan berkelok-kelok. Saya pun walau menggunakan aplikasi Waze tetap harus bertanya pada penduduk sekitar agar tidak tersesat terlalu jauh.

Mendekati desa yang merupakan jalan satu-satunya menuju air terjun saya sedikit ragu karena jalanan menyempit, dikarenakan saya menggunakan mobil. Tapi memang disitu letak keunikan menuju Wisata Air Terjun Seloprojo, bagi yang menggunakan kendaraan mobil harus parkir di halaman rumah penduduk. Jika menggunakan motor bisa langsung mendekati area wisata.

Beruntungnya saya yang terlalu kepagian menuju wisata air terjun Seloprojo. Sekitar jam 09:00an saya sudah tiba di depan gapura masuk, jadi mobil masih bisa parkir tepat di depan gapura tidak perlu parkir di rumah penduduk.

Untuk bisa menuju air terjun, dari gapura tersebut saya harus berjalan sekitar 1,5 km. Sensasi perjalanan menuju lokasi merupakan pengalaman yang tak terlupakan karena pemandangan lereng Gunung Telomoyo sangat menakjubkan.

HTM : Rp 2.500,-

Parkir Motor : Rp 2.000,-
Begitu masuk Area Air Terjun Seloprojo kelelahan dalam perjalanan terbayarkan. Hanya bisa menghirup udara segar, suara air terjun, keheningan alam, dan segarnya air. Semua kepenatan bisa hilang seketika dengan suasana yang sangat indah ini.

Selama beberapa jam saya disana, baik foto-foto, ngobrol sambil menikmati pemandangan, bahkan minum jahe hangat di warung yang ada disitu. Udara dinginnya membuat saya betah menghabiskan waktu disini.

Namun sayangnya ketika saya disana ada beberapa kegiatan penebangan pohon pinus di puncak air terjun, kata pemilik warung memang kegiatan itu sering dilakukan. Kebayang sudah puluhan pohon ditebang bahkan bisa menyebabkan longsor nantinya. Semoga ada tindak tegas dari pemerintah Magelang jika sudah mengetahui hal ini.

Pulang menuju lokasi parkir mobil, saya sempat bercengkrama dengan beberapa petani yang sedang berada di ladang. Tanaman Jagung, Pepaya, beberapa sayur mayur lainnya tumbuh subur dilokasi Air Terjun Seloprojo.


Wisata Jogja dan Jateng, hub Kami :

Satria Tour Jogja

Leave a comment